Kondisi Musium Kayu Memprihatinkan

Posted: November 12, 2010 in News

SAMPIT Perhatian Pemkab Kabupaten Korawaringin (Kotim), terhadap museum sepertinya masih perlu ditingkatkan lagi.  Keadaan tersebut, terlihat dari kondisi tempat penyimpanan barang-barang antik dan bersejarah di Museum Kayu saat ini, keadaannya sangat memprihatinkan.

 

Beberapa hari yang lalu, kondisi fisik museum memang sangat terlihat memprihatinkan, sudah terlihat lantai museum yang dikeramik warna coklat sudah pecah-pecah. Bahkan, pecahan itu, hampir di seluruh lantai bangunan museum, baik lantai dua baik lantai satu. Parahnya lagi, pada lantai dua bangunan museum tersebut, terdapat dua kayu penyangga yang digunakan untuk menahan palfon atau atap bangunan yang sudah mulai condong. Tak diketahui persis berapa lama kondisi seperti itu terjadi. Karena tak satupun dari petugas yang saat itu menjaga mesuem mengetahuinya.

Barang-barang yang terdapat dalam museum Kayu juga terlihat sangat minim dan banyak tempat yang kosong. Barang-barang yang ada diantaranya, kerangka Ikan Paus, replik Kemerdekaan, fosil kayu sungai, tempat air minum peninggalan Belanda, senapan tradisional Dayak, luntung, senjata rakitan tradisional, pedang prajurit Cina dan beberapa barang lainya.

Saat ditanyakan kepada petugas museum, mereka mengatakan, memang keramik museum di lantai satu dan dua sudah banyak yang pecah-pecah. Sedangkan pada lantai dua, memang ada kayu yang digunakan untuk penyangga plafon atau atap. Sementara itu, jumlah barang-barang yang ada di museum memang sudah berkurang karena diambil oleh pemiliknya.

Menurutnya, museum harus membayar uang perawatan dengan pemilik barang, jadi karena tidak ada anggaran, lalu barang-barang tersebut diambil kembali oleh pemilikya. (kalteng pos/sampitonine.com)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s